5 Fakta Mencengangkan Haji Mansa Musa, Orang Terkaya di Muka Bumi

Siapa orang terkaya di dunia? Sejumlah orang akan menjawab anggota dinasti paling tajir pada era modern seperti Rothschild, Rockefeller, atau Carnegie.

Lainnya menyebut para miliarder terkini seperti Bill Gates, Carlos Slim, Warren Buffet, Mark Zuckerberg, atau para sheik di Arab yang dikenal bergelimang harta.

Namun, fakta membuktikan, orang terkaya di muka Bumi adalah Musa Keita I, Mansa atau Kaisar Mali.

Mansa Musa I memimpin Kerajaan Mali di Afrika Barat pada tahun 1307. Ia menghasilkan keuntungan dengan mengeksploitasi kekayaan garam dan emas negaranya.

Pria yang lahir pada tahun 1280-an juga itu memperluas Kekaisaran Mali dengan menaklukkan 24 kota dan daerah sekitarnya.

1. Jumlah Kekayaan Berlimpah

Pada saat kematiannya pada tahun 1337, Mansa Musa mengumpulkan kekayaan yang mungkin terlalu banyak untuk dibayangkan. Dengan menyesuaikan tingkat inflasi saat ini, pundi-pundi hartanya bisa mencapai lebih dari US$ 400 miliar.

Dengan kurs US$ 1 sama dengan Rp 12.997, maka kekayaan sang sultan mencapai 5.198 triliun.

Ada di urutan kedua adalah total kekayaan keluarga Rothschild yang diperkirakan USR 350 miliar.

Sementara, kekayaan J.D. Rockefeller diperkirakan bernilai US$ 340 miliar, Andrew Carnegie US$ 310 miliar, Moammar Khadafi US$ 200 miliar, Bill Gates US$ 136 miliar, dan Carlos Slim US$ 68 miliar.

Dengan kata lain tak ada satu orang pun saat ini yang bisa menyamai Mansa Musa soal kekayaan.

“Tak ada cara untuk mengetahui jumlah kekayaannya yang akurat,” kata Jacob Davidson dari Majalah Times, seperti dikutip dari situs Ancient Origins, Kamis (17/11/2016).

2. Jaya Saat Eropa Terpuruk

Kekaisaran Mali didirikan di bekas Kerajaan Ghana. Pada puncaknya, di bawah kepemimpinan Musa I, wilayah kekuasaan imperium itu membentang lebih dari 2.000 mil atau 3.218 kilometer di Afrika Barat, dari Samudera Atlantik ke Timbuktu, termasuk wilayah yang sekarang menjadi negara Chad, Pantai Gading, Gambia, Guiena, Guinea-Bissau, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria , dan Senegal.

 

(sumber:Liputan6