5 Benda Bersejarah Termahal di Dunia yang Pernah Dicuri

Banyak orang yang tidak peduli dengan keberadaan benda bersejarah yang sarat akan nilai historis. Namun bagi mereka yang mencintai benda-benda antik, tak jarang rela merogoh kocek dalam-dalam hanya untuk membelinya.

Mahalnya harga barang antik dan bersejarah memancing pencuri dengan harapan bisa mendapat keuntungan besar. Melansir laman TheRichest.com, Senin (21/11/2016), berikut lima benda bersejarah termahal di dunia yang sempat dicuri:

Tempat untuk garam dan merica bagi kaum bangsawan zaman dulu tidak cukup hanya dengan menggunakan bahan biasa. The Cellini Salt Cellar adalah tempat untuk garam dan merica yang diciptakan Benvenuto Cellini untuk Raja Prancis pada tahun 1500-an.

Sayangnya tempat garam setinggi 15 inchi ini dicuri pada tahun 2003 saat dipamerkan di sebuah museum di Wina, Austria. Beruntung pihak kepolisian segera menangkap pencuri dan berhasil mengamankan barang bukti yang ditaksir harganya sekitar US$ 57 juta–US$ 65 juta atau Rp 764 miliar-Rp 871,4 miliar (kurs US$ 1:  Rp 13.406).

4. Lukisan Picasso