4 Wisata Alam Sukoharjo Ini Wajib Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

4 Wisata Alam di Sukoharjo yang Wajib Kalian Kunjungi

Sukoharjo adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Lokasi nya ada di sebelah selatan kota Surakarta. Luas wilayah Sukoharjo sekitar 466 km2, dan dihuni sekitar 824 ribu jiwa. Kota Sukoharjo terkenal dengan industri jamunya, kerajinan tangan, dan hasil pertanian.

Jika kamu ada rencana untuk berkunjung ke kota Sukoharjo, jangan lewatkan untuk mengunjungi beberapa tempat wisatanya. Bagi teman-teman traveller yang menyukai petualangan, wajib untuk mengunjungi wisata alam yang ada di Sukoharjo.

Berikut 4 objek wisata alam yang ada di kota ini:

1. Gunung Sepikul

Gunung Sepikul sebenarnya sebuah batu bersusun setinggi bukit.

Konon menurut cerita rakyat setempat, batu-batu yang membentuk Gunung Sepikul berasal dari batunya Bandung Bondowoso. Jika kamu ingat cerita pembangunan Candi Prambanan, saat itu Roro Jonggrang memerintahkan Bandung Bondowoso untuk membuat seribu candi dalam semalam.

Dan ternyata setelah dihitung jumlah candinya masih kurang satu. Akhirnya Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang untuk menjadi candi terakhir sebagai pelengkap 1000 candi. Entah bagaimana, batu-batu yang digunakan dalam pembuatan 1000 candi tersebut terserak sampai ke tempat ini. Dan akhirnya membentuk gugusan Gunung Sepikul.

Jika kamu pernah nonton acara TV tahun 90an, Gunung Sepikul ini juga pernah dipakai syuting serial Wiro Sableng 212.

So… jika kamu lagi ada di wilayah Sukoharjo, janngan lupa mampir ke Gunung Sepikul ya.

2. Bendungan Colo

1

Ada juga yang menyebutnya Dam Colo. Merupakan obyek wisata yang bisa kamu nikmati bersama keluarga dan teman-teman. Untuk menikmati Bendungan colo, kamu tidak dipungut biaya, alias gratis.

Letaknya ada di kecamatan Nguter, Sukoharjo Selatan. Di tempat ini kamu bisa menyalurkan hobi mancing kamu. Atau selfie di antara bebatuan yang memiliki susunan yang keren banget. Tapi tetap harus hati-hati dalam melangkahi bebatuan itu ya guys apalagi kalau bawa anak kecil. Takut batu nya licin, karena airnya cukup dalam.

3. Telaga Biru

2

Merupakan suatu danau yang berada di desa Tandansari. Banyak anak muda Sukoharjo meghabiskan waktu luangnya di tempat ini. Dinamakan Telaga Biru karena pada siang hari, jika air di telaga terkena cahaya matahari, warnanya akan memancarkan warna biru yang indah.

Jika kamu sudah bosan nongkrong di pinggir danau, kamu bisa main-main ke tengah danau. Caranya dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk sekitar.

4. Waduk Mulur

3

 

Satu lagi wisata alam buatan yang ada di kota Sukoharjo.

Waduk Mulur terletak di desa Kenep, kelurahan Combongan kecamatan Sukoharjo. Waduk Mulur sudah dibangun sejak jaman Indonesia belum merdeka.

Awalnya digunakan sebagai penampungan air. Kemudian seiring perkembangan waktu, lokasi tersebut juga dijadikan budidaya ikan. Saat ini Waduk Mulur terbuka luas bagi masyarakat untuk berwisata bersama keluarga atau teman-teman.

4

Bagi kamu yang punya hobi mancing, Waduk Mulur merupakan tempat yang asik banget. Selain ikan nya banyak, harganya juga murah meriah.

Bagi kamu yang males mancing, tapi mau makannya aja, di sekitar waduk Mulur masyarakat setempat banyak membuka aneka rumah makan yang menyediakan menu seafood. Selain itu, banyak permainan olahraga juga disediakan di area ini. Pokoknya puas banget kalau main ke Waduk Mulur.

Demikian empat wisata alam yang bisa kamu kunjungi ketika main ke kota Sukoharjo. Jika kamu berasal dari luar kota dan mau berkunjung kesini, bisa menggunakan mobil pribadi atau bus AKAP.

(sumber:liputan6)