4 Langkah Kecil yang Bisa Selamatkan Finansial Anda

Mau sukses secara finansial? Menjadi sukses secara finansial bukan perkara mudah, tapi juga tidak sulit. Tentu saja semuanya membutuhkan usaha, karena secara realistis membangun kekayaan tidak bisa dilakukan dalam semalam.

1. Menabung lebih banyak setiap gaji naik

Semakin besar penghasilan, biasanya semakin mahal pula gaya hidup. Hal ini dikarenakan muncul dorongan untuk membeli barang-barang yang tidak bisa dimiliki waktu gaji masih sedikit.

Persoalan Inilah yang membuat tabungan Anda tidak kunjung bertambah. Padahal jika tetap mempertahankan gaya hidup yang lama saat gaji Anda semakin tinggi, Anda bisa menabung makin banyak.

Jangan hanya ditabung, uang tersebut juga harus kamu investasikan untuk masa pensiun. Supaya tidak tergoda, berlakukan autodebet sehingga setiap menerima gaji, sebagian uang otomatis ditransfer ke rekening tabungan.

2. Segera membayar utang

Utang kartu kredit Anda bisa menumpuk kalau Anda terus menerus membayar dalam jumlah minimum. Semakin kecil yang Anda bayarkan, semakin besar pula bunga yang ditanggung. Belum lagi kalau Anda selalu lupa membayar tepat waktu sehingga selalu kena denda jatuh tempo.

Semakin sedikit utang konsumtif Anda, semakin sehat finansial. Jika ingin sukses finansial, coret utang dari daftar tagihan Anda.

3. Berusaha melek finansial

Belajar tidak boleh berhenti bahkan meski Anda sudah lulus sekolah. Ada banyak ilmu-ilmu kehidupan yang tidak diajarkan di bangku sekolah, termasuk tentang pengelolaan uang.
Karena tidak melek finansial, banyak orang yang tidak tahu keuntungan investasi. Atau meganggap investasi hanya cocok untuk orang berduit saja.

Padahal dengan keberadaan internet, belajar soal finansial bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sudah tahukah Anda kalau investasi bisa dilakukan hanya denagn Rp 50.000? (Baca juga: Cukup Dilakukan 30 Menit Sehari Kamu Bisa Makin Melek Finansial)

4. Memberi

Meski menabung dan investasi penting, bukan berarti Anda lupa untuk memberi. Setiap bulannya, sisihkan minimal 2,5 persen untuk sedekah atau donasi. Sikap murah hati ini diharapkan membuat Anda semakin rendah hati meski penghasilan makin tinggi.

Kalau Anda tidak bisa menyumbangkan uang, sumbangkanlah waktu. Ada banyak program relawan yang bisa Anda ikuti.

(sumber:Liputan6