4 Bisnis Rumahan Tanpa Modal Awal

Apakah Anda ingin mendapatkan uang ekstra, namun tetap dapat meluangkan waktu dengan keluarga? Apa Anda ingin merasa menjadi seorang bos? Atau Anda ingin bekerja lagi setelah pensiun? Anda dapat mencoba bisnis rumahan.

Ada banyak bisnis rumahan yang dapat Anda coba, bahkan beberapa di antaranya menjanjikan Anda untuk tak mengeluarkan biaya di awal (kecuali biaya izin usaha). Apa sajakah bisnis rumahan tersebut?

Berikut empat bisnis rumahan tanpa modal awal yang dilansir dari laman Ehow, Minggu (20/11/2016):

1. Konsultasi

Jika Anda unggul dalam memecahkan masalah, mampu mengungkapkan ide-ide atau pendapat, dan mampu melakukan penelitian, maka layanan konsultasi berbasis rumah memungkinkan Anda untuk menghasilkan pendapatan sesuai keahlian Anda.

Konsultasi dengan klien dapat dilakukan melalui telepon, email, atau secara langsung dengan melibatkan kegiatan, seperti meninjau laporan, menulis proposal, melakukan wawancara, serta mengevaluasi metodologi dan proyek.

Anda juga dapat coba menempatkan bakat Anda ke arah pengembangan kursus onlineatau lokakarya pelatihan yang ditawarkan melalui pusat-pusat komunitas dan di kantor-kantor bisnis.

2. Penjahit

Anda memiliki keterampilan menjahit? Maka Anda dapat mencoba membuka usaha untuk menerima pesanan jahitan berbagai pakaian yang diinginkan pelanggan, seperti gaun pengantin, pakaian olahraga, atau lainnya.

Anda juga dapat mempertimbangkan proyek menjahit gorden, taplak meja, atau sarung bantal.

3. Jasa

Anda dapat mencoba menawarkan jasa Anda untuk membantu orang yang membutuhkan. Anda hanya perlu menjalankan tugas yang diperintahkan, seperti belanja untuk hadiah, mengambil hewan peliharaan, perencanaan menu mingguan, membuat janji dan pemesanan, serta lainnya.

4. Pengasuh Anak

Jika Anda menyukai anak-anak, mampu menyediakan lingkungan yang aman bagi anak-anak untuk makan, tidur, dan bermain sementara orang tua mereka bekerja, maka Anda dapat mencoba untuk menjadi pengasuh anak. Bukankah meyenangkan digaji sambil mengasuh anak-anak?