3 Cara Masyarakat Laporkan Praktik Pungli

Pemerintah serius memberantas pungutan liar (pungli) yang sudah menggerogoti di semua sisi. Hal itu dibuktikan dengan penangkapan sejumlah pejabat di beberapa instansi.

“Pungli di Indonesia yang seperti membudaya, karena dari semua lapisan terjadi pungutan liar yang di luar ketentuan. Ini tentu meresahkan masyarakat. Dan ingat, pungli ini tidak hanya Rp 10 ribu-20 ribu, sampai miliaran ada. Tentu ini harus kita bersihkan,” kata Menko Polhukam Wiranto yang juga menjadi Penanggungjawab Satgas Saber Pungli, seperti dikutip dari saberpungli.id, Minggu (20/11/2016).

Untuk pemberantasan pungli dan penyelundupan, menurut Wiranto, pemerintah membentuk dua Satgas. Yaitu Satgas Saber Pungli dan Satgas Penanggulangan Penyelundupan.

Khusus untuk pemberantasan pungli, Wiranto menilai, saat ini momentumnya sudah sangat bagus. Karena dampak dari operasi tangkap tangan (OTT) di Kementerian Perhubungan sangat luar biasa.

“Banyak laporan dari kementerian atau lembaga yang melaksanakan pelayanan publik, itu banyak sekali publik yang sekarang sudah merasa nyaman untuk mengurus kepentingan-kepentingan kebutuhan mereka,” jelas Wiranto.

Masyarakat, kata dia, diminta aktif melaporkan langsung kepada Satgas Saber Pungli apabila merasakan atau melihat praktik pungutan liar. Itu bisa dilakukan dengan tiga cara.

“Kirim melalui situs saberpungli.id. Caranya ada registrasinya dulu, ada kolom-kolomnya langsung diisi, di sana juga ada pelaporannya bagaimana, dan itu langsung masuk ke pusat Satgas, dan nanti penyelesaiannya bisa dicek kembali oleh pelapor,” jelas Wiranto.

Selain itu, lanjut dia, masyarakat juga bisa menggunakan jalur SMS 1193. Angka itu dianggap mudah diingat lantaran hanya empat digit. “Mudah, bukan sembilan angka, bukan 12 angka, tetapi cukup empat angka,” ujar Wiranto.

Cara terakhir ialah melalui call center 193. Nantinya masyarakat dapat langsung berhubungan dengan operator-operator yang disiapkan oleh Satgas.

“Jadi untuk masyarakat, diberikan kemudahan yang luar biasa sepenuhnya untuk ikut serta menyukseskan Saber Pungli ini. Dengan keikutsertaan masyarakat, diharapkan ada cross check di masyarakat,” jelas Wiranto.

Yang tak kalah penting, masyarakat tak perlu takut untuk melaporkan pungli tersebut. Karena identitas pelapor dijamin kerahasiaannya oleh Satgas Saber Pungli.

(sumber:liputan6)