238 Ribu Pohon Akan Ditanam Serentak, Indonesia di Ambang Rekor Dunia

Ilustrasi kegiatan menanam pohon/Foto: Pool

Liputansaku.com, Tuban – Indonesia bakal mencatat rekor dunia dengan menanam 238 ribu bibit pohon serentak. Penanaman ratusan ribu bibit pohon juga dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) pada 28 November 2016 yang dipusatkan di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

“36 ribu pohon Jati, 200 ribu pohon Kaliandra. 2 ribu sisanya tamu VIP seperti Pak Presiden, Bu Menteri dan Gubernur Jatim akan menanam tanaman buah buahan,” kata Dirjen Pengendalian Aliran Sungai dan Hutan Lindung Hilman Kementerian LHK Nugroho di sela sidak persiapan peringatan HMPI, Minggu (27/11/2016).

238 ribu bibit pohon tersebut akan ditanam di lahan seluas 23 hektar milik rakyat yang nantinya akan dijadikan sebagai Hutan Rakyat. “Kayu Kaliandra setelah ditanam 2 tahun akan ditebang untuk kayu energi kemudian ditanam 64 ribu yang 200 ribu setelah 8 tahun ditebang kemudian ditanam lagi dua kali lipatnya sehingga terus berkembang dan rakyat sendiri yang menikmati karena mereka yang menanam dan merawat,” ungkapnya.

Penanaman ini kata dia sekaligus akan diadopsi untuk daerah lain dan merupakan program salah satu program perhutanan sosial.

“Perhutanan Sosial merupakan salah satu program prioritas dan komitmen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menghadirkan negara melalui pengelolaan hutan rakyat yang mensejahterakan,” ujar Hilaman.

Diharapkan dari program perhutanan sosial bisa menggerakkan ekonomi masyarakat. Karena masyarakat bisa mengharapkan hasil jangka pendek aktivitas ekonomi di dapat melalui panen Kaliandra, sedangkan untuk hasil ekonomi jangka panjang melalui panen Jati.

“Masyarakat sendiri sebelum menanam, akan diberikan pelatihan dan masuk dalam satu koperasi sehingga mendapatkan hasil panen yang berkualitas serta hasilnya jelas siapa yang membeli,” pungkas Hilman.

Acara puncak peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 November 2016 akan dihadiri Presiden Joko Widodo yang memimpin langsung penanaman pohon dan diikuti oleh 5 ribu orang. Kegiatan penanaman 238 ribu bibit tanaman pada puncak HMPI akan memecahkan “guinness book of record” untuk penanaman pohon terbanyak dalam satu waktu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(sumber:detik.com)