18 Dentuman Meriam Sambut Jokowi di Istana India

Mengawali kunjungan kenegaraan ke India, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo disambut Upacara Kenegaraan di Istana Rashtrapati Bhavan, New Delhi, India, Senin 12 Desember 2016.

Tiba pukul 09.55 Waktu Setempat (WS), kendaraan VVIP yang ditumpangi Presiden dan Ibu Iriana dengan dikawal dengan pasukan berkuda melewati jajar kehormatan. Sesaat sebelum mobil VVIP berhenti, terdengar dentuman meriam sebanyak 18 kali.

Setelah Jokowi dan Ibu Iriana turun dari mobil dan langsung diambut oleh Presiden India Pranab Mukherjee, dan Perdana Menteri India Narendra Modi yang diikuti dengan foto bersama.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, usai mengikuti foto bersama, Presiden menuju podium dan tidak berapa lama diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagu kebangsaan India.

Setelah mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, Presiden memeriksa barisan kehormatan. Sebelum meninggalkan Istana Rashtrapati Bhavan, Jokowi diperkenalkan kepada delegasi resmi India oleh Kepala Protokol Negara Republik India.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Ne.gara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala BKPM Thomas Lembong, Kepala BIN Budi Gunawan dan Duta Besar Indonesia untuk India Rizal Wilmar Indrakesuma

Pukul 10.20 WS, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama rombongan meninggalkan Istana Rashtrapati Bhavan untuk menuju Rajghat (Mahatma Gandhi Memorial).

Istana Rashtrapati Bhavan adalah tempat tinggal resmi Presiden India, yang terletak di New Delhi, India. Istana tersebut memiliki 340 ruang dan luas 130 hektar yang didirikan pada tahun 1912. Istana Rashtrapati Bhava merupakan salah satu istana kepresidenan terbesar di dunia.

Sumber : liputan6