12 Alasan Paling Masuk Akal Mengapa Anda Selalu Merasa Lelah

Anda merasa telah melakukan segala hal untuk mendapatkan tubuh yang segar? Seperti tidur malam yang cukup dan tepat waktu, berolahraga, dan makan makanan bergizi. Namun, tetap saja, rasa lelah yang menggelayuti tubuh tidak kunjung hilang.

Dilansir dari purewow.com, Selasa (22/11/2016), berikut ini adalah beberapa alasan paling sederhana yang dapat menjelaskan mengapa tubuh Anda terus merasa lelah sepanjang hari.

1. Anda dehidrasi
Faktanya, Anda membutuhkan banyak asupan air putih untuk menjaga keseimbangan tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Setidaknya 8 gelas dalam sehari dan jika ini tidak terpenuhi, maka secara otomatis gerak Anda akan terhambat, bahkan mempengaruhi suasana hati.

2. Terlalu terhidrasi
Ini bukan masalah sepele. Jika Anda terlalu banyak minum air sebelum tidur di malam hari, maka secara otomatis Anda juga akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bangun tengah malam untuk ke toilet. Berhenti memasukkan apa pun ke dalam mulut setidaknya 1 jam sebelum tidur.

3. Rumah berantakan
Beberapa studi menunjukkan bahwa tempat yang bersih juga dapat membuat pikiran lebih bersih. Lingkungan sekitar yang bersih dapat membuat Anda jauh lebih nyaman dan santai.

4. Udara terlalu panas
Hal yang dapat Anda lakukan adalah menjaga suhu kamar agar tidur di malam hari tetap terasa nyaman, tidak terbangundi malam hari hanya karena udara terlalu panas atau terlalu dingin.

5. Memiliki alergi
Disadari atau tidak, alergi dapat membuat tubuh terasa lesu. Selain itu, obat-obatan yang Anda minum untuk meredakan alergi akan membuat tubuh semakin lemas. Coba tanyakan kepada dokter adakah obat alergi yang tidak membuat Anda mengantuk.

6. Jadwal tidur yang tidak teratur
Ini semua tentang konsistensi. Anda bisa teratur tidur setiap malam di hari kerja pada jam 10 malam, namun terjaga hingga jam 2 pagi hari di akhir pekan. Perubahan waktu tidur sedikit saja dapat membuat tubuh Anda merasa lelah untuk berusaha menyesuaikannya lagi.

7. Tidur dalam perasaan marah
Anda bertengkar dengan pasangan? Perbaiki masalahnya terlebih dahulu, sebelum Anda pergi tidur dan mematikan lampu, karena tidur dalam keadaan marah dapat mempengaruhi kualitas tidur.

8. Tiroid yang kurang aktif
Selalu merasa lelah dalam beberapa hari berturut-turut? Ini bisa jadi karena tiroid Anda kurang aktif, membuat gerak Anda lambat, tidak peduli berapa lama pun Anda telah tidur.

9. Membutuhkan lebih banyak zat besi
Zat besi dalam tubuh membantu darah untuk terus bergerak dan membawa oksigen sampai ke otot-otot Anda. Jika Anda kekurangan zat besi sebanyak 10 miligram saja dalam sehari, maka tubuh akan lebih cepat merasa lelah dan lamban. Cobalah untuk makan bayam, kacang-kacangan, dan multivitamin.

10. Cuaca
Jika perubahan musim dapat mempengaruhi suasana hati Anda, maka secara otomatis juga dapat mempengaruhi tubuh. Berolahraga secara rutin agar endorfin dalam tubuh tetap mengalir atau duduklah di bawah sinar matahari agar tubuh mendapatkan vitamin D yang cukup.

11. Tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup
Matahari adalah salah satu faktor penting agar tubuh dapat menyesuaikan irama yang sesuai. Habiskan waktu setidaknya selama 30 menit di luar ruangan setiap hari untuk mendapatkan tidur yang cukup.

12. Terlalu banyak terekspos sinar gadget
Sadarkah Anda bahwa sinar dari gadget dapat mempengaruhi kualitas tidur? Hindari untuk terlalu lama menggunakan gadget sebelum tidur.

(sumber:Liputan6)