11 Uang Rupiah Baru Resmi Beredar Hari Ini

Lembaran mata uang Rupiah edisi baru. ANTARA

Liputansaku.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) resmi mengeluarkan satu seri uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016, Senin, 19 Desember 2016, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta. Uang rupiah baru itu  terdiri dari tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam.

Di uang rupiah baru itu terpampang 12 gambar pahlawan nasional. Khusus  pecahan Rp 100 ribu kertas, tetap mencantumkan gambar  Bapak Proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta. Adapun untuk pecahan Rp 50 ribu dipilih  gambar pahlawan Djuanda Kartawidjaja. Pada pecahan uang Rp 20 ribu terdapat gambar gubernur pertama Sulawesi, Sam Ratulangi.

Untuk uang pecahan Rp 10 ribu terdapat gambar Frans Kaisiepo, dan gambar Guru Besar Nahdlatul Ulama Idham Chalid  di pecahan Rp 5.000. Pecahan uang kertas Rp 2.000 juga diterbitkan. Dalam uang ini terdapat gambar Mohammad Hoesni Thamrin. Adapun untuk pecahan Rp 1.000 kertas yang baru terdapat gambar Tjut Meutia.

Untuk uang rupiah pecahan logam Rp 1.000 dipilih  gambar I Gusti Ketut Pudja. Pada pecahan Rp 500 terdapat gambar Letjen TNI TB Simatupang. Adapun pada pecahan Rp 200 tercantum gambar Dr. Tjipto Mangoenkoesoemo. Sementara gambar Herman Johannes ada di pecahan Rp 100.

Sebelumnya, Deputi Direktur Departemen Komunikasi BI, Andiwiana menuturkan, dasar pemilihan gambar pahlawan pada desain mata uang baru yang diluncurkan hari ini didasari oleh kebhinekaaan atau keragaman Indonesia. Karena itu, selain bergambar pahlawan, desain juga akan ditampilkan sisi keindahan dari pemandangan alam Indonesia dalam bentuk gambar.

Adapun peluncuran mata uang baru ini digelar di Komplek Bank Indonesia pada pukul 09.00 WIB dan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dan disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tempo.co